0

untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kejurnalistikan, Pendidikan Luar Sekolah (PLS) IPM-PPLD menggelar Pelatihan Kejurnalistikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (28/09/2013) di Villa Megamolek di Megamendung,  yang  dihadiri ketua bidang hubungan masyarakat (HUMAS) dan  Infokom IMAPA, serta 11 peserta yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2013 anggota  baru paguyuban tersebut. 

Pelatihan ini adalah sala - satu materi seminar kecil yang direncakan pada malam keakraban yang dilaksanakan selama dua hari dua malam ini.

Pelatihan ini dibawahkan oleh seorang wartawan harian di Majalah Selangkah.Com Jhon Pekei, dia menjelaskan dan mengajarkan teknik dan cara mengumpulkan dan meliput suatu peristiwa tertentu.

Selain itu pula, dia menjelaskan belajar menulis adalah berangkat dari hal sederhana yakni kegiatan seharian di kampus sendiri ataukah kegiatan persona.  Sebelum bertemu dengan tugas besar dalam dunia akademi seperti tugas akhir bagi seorang mahasiswa maka pentingnya belajar menulis bagi kita semua. 

Penjelasan lebih lanjut, dia memberikan trik – trik dari mana kita mulai menulis dan mengakhiri tulisan, apa saja yang kita tulis dalam isi berita dan bagaimana cara penggunaan kalimat benar, kemudian dia langsung belum mengarahkan untuk mempraktekan menulis kepada para peserta. 

Dalam penjelasan lebih mengarah pada tulisan Feature. Feature adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. Kelebihan feature adalah lebih menarik, humanis, serta faktanya tidak lekas basi karena dekat dengan kehidupan sehari-hari, memenuhi rasa ingin tahu, dan dituturkan dalam bentuk "cerita".

Meminta tanggapan dari peserta“ tulis menulis adalah bagian yang terpeting dalam kehidupan. Menulis adalah kehidupan, maka kami akan terus mengembangkan kreativitas dibidang itu juga. Ini adalah awal materi yang kami dapat dan lebih banyak  yang harus buru dan mengejarnya. 

Pelatihan tulis menulis bukan untuk dipuji atau mencari popularitas, namun kita belajar untuk pintar dan siap bersaing untuk mengadvokasi ketertinggalan – ketertinggalan semua sisi di Papua.

Dari kegiatan ini harapan pemateri bahwa dapat meningkatkan kemampuan menulis dan mampu mengembangkan pemikiran kritisnya dalam sebuah tulisan.

Oleh : M. Gobai 






Posting Komentar

 
Top