0


Histologi Kulit dan Mikrotopografi Ular Putih Papua (Micropechis ikaheka) yang berkaitan dengan daerah distribusi zoogeografisnya.
Keliopas krey, Achmad Farajallah

Abstrak
Sumber : Facebook
Ular putih Papua atau yang disebut Micropechis ikaheka merupakan salah satu ular endemic Pulau New Guinea, meliputi wilayah Papua dan Papua Nugini. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari tentang Histologi lapisan internal kulit dan mikrotopografi pada sisik ular putih (M.ikaheka) pada skala permukaan. Penelitian ini juga berkaitan dengan persebaran ular pada zoogeografis yang berbeda di Papua. Penelitian terbaru oleh Krey (2009), Berdasarkan geografisnya, telah diketahui bahwa  variasi warna kulit ular putih (M.ikaheka) terbagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok warna coklat, kelompok warna kuning, dan kelompok warna hitam. Ketiga kelompok ular ini memiliki daerah persebaran tertentu di daerah Papua, Papua Nugini, dan pulau-pulau sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode parafin. Hasilnya dapat diketahui bahwa ular putih memiliki sekitar 5 lapisan  pada kulit ular yaitu Oberhatchen, lapisan beta (β), lapisan (α), lapisan mesos dan dermis. Meskipun metode parafin tidak dapat menjelaskan susunan sel-sel pigmen, namun warna gelap pada dermis mungkin berisi melanophores yang menyebabkan warna gelap dari tubuh ular. Skala tumpang tindih pada permukaan sisik kulit ular membentuk daerah sendi yang fleksibel untuk membantu ular ketika bergerak melintasi substrat. Hasil pengamatan menggunakan scaning mikroskop elektron atau Scanning Electron Miscroscopy (SEM) dari oberhatche menunjukkan bahwa semua kelompok M.ikaheka tidak ada mikroornamen. Namun, pada skala dorsal dan skala ventral menunjukkan banyak volikel pada seluruh permukaan skala batas. 

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi link dibawa ini.


Krey K.& Farajallah. 2013. Skin Histology and Microtopography of Papuan White Snake (Micropechis ikaheka) in Relation to Their Zoogeographical Distribution. Hayati Journal Of Bioscience. 20.(1);7-14

Posting Komentar

 
Top