0

Paguyuban, Ikatan pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Puncak Jaya, Puncak, Lani Jaya, Nduga dan Mimika ( IPMK – PPLNDM) Kota Studi Bogor menggelar  musyawarah besar (MUBES) pertama (29, Mei 2014) di Asrama Puncak Jaya –Sempur - Bogor.

Pada musyawarah besar (MUBES) pertama ini menyusun  undang – undang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta program kerja badan pengurus ikatan. Pada Mubes pertama  juga membahas pemberian nama ikatan yang mencakup beberapa wilayah Pegunungan tengah di Papua.

Sebelumnya dikenal dengan ikatan paguyuban (IMPK-PPLNDM) wilayah Bogor ini rubah dan diberi nama Ikatan pelajar dan Mahasiswa Pegunungan  Raya (IPMAPERA) yang mencakup 5 kabupaten yang menimbah ilmu  di kota Bogor. 

 Informasi perubahan nama  IPMAPERA disampaikan melalui grub facebook resmi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Lani Jaya (IPMALA-JA) Bogor. IPMAPALA – JA juga termasuk sala – satu anggota wilayah yang tergabung dalam ikatan pelajar dan mahasiswa Pegunungan raya (IPMAPERA) tersebut. 
 
Namun ikatan paguyuban (IMPK- PPLNDM)  ada dalam bentuk solidaritas kekeluargaan sesama orang Papua. Sebelumnya belum memiliki badan hukum yang kuat untuk mempersatukan paguyuban ini artinya mereka bebas  membentuk ikatan kabupaten tersendiri. 

Seiring dengan zaman yang mana adanya pemisahan antar sesama orang Papua terus terjadi maka pentingnya benahi ikatan kekeluargaan tadi untuk menjaga persatuan kesatuan, kekompakan. Akhirnya telah lahir sebuah wadah yang namanya IPMAPERA pada tahun 2014. 

Ribuan orang sedang dan terus berusaha untuk memecah belah, memetakan menurut  sudut pandang dan pemahaman mereka sendiri, dengan tujuan tertentu namun kita tetap satu Papua dan satu anak – anak Papua di bawah payung Ikatan mahasiswa Papua (IMAPA). 

Wadah  paguyuban juga milik kita anak – anak Papua dimana tempat kita bernaung, sapa, sering, diskusi   di tanah rantau ini. Semoga tetap solid untuk membawah perubahan, dan wadah ini pula tempat belajar kepemimpinan, jujur, loyalitas dan membangun indeks pembangunan manusia (IPM) dari tingkat yang sederhana ini.   

Ini ikatan paguyuban di bawah Payung Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) Bogor  yakni  Sorong Raya, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Biak, Serui, Biak Numfor, (BISER), Ikatan pelajar dan mahasiswa Bintuni, Fak-Fak, Kaimana dan Manokwari (BFKM), Ikatan Pelajar dan Mahasiswa  Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai  dan Intan Jaya (IPMANAPANDODEI), Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Pegunungan raya (IPMAPERA), Ikatan pelajar dan Mahasiswa Merauke, Bovendigul dan Asmat  (MEBOA) dan Ikatan pelajar  dan Mahasiswa Jayapura Raya, Sarmi Kerom dan Pegunungan Bintang (JRSKPB). 
Oleh : Marinus Gobai


Posting Komentar

 
Top