0

     Kabar MAKRAB, (23-03-2011), Manusia sadar bahwa dalam dunia perkenalan dalam sebuah organisasi sah  maupun non organisasi untuk mensyakan sebagai anggotanya harus mengikuti kriteria – kriteria  berlaku dalam organisasi tersebut. Kita tahu bahwa gemes merupakan sebuah permainan. Permainan juga mempunyai ruang lingkup besar dan ruang lingkup kecil.
      Dalam kegiatan games tersebut para peserta wajib mengikuti sebagai sala – satu materi yang di ikuti saat itu. untuk itu panitia MAKRAB IMAPA Bogor, bagian seksi acara menjadwalkan waktu 15.00 – 16.00 WIB,mengisi dengan kegiatan games.
     Pantauan kami bidang komunikasi, panitia Sesi games ini membagikan – bagikan dalam kelompok terkecil. Para seluruh peserta di bagi-bagi  ke-dalam 5 kelompok besar.Setiap kelompok berbeda pemberian nama kelompok, nama  thema,dan kolaborasi jel – jel. Nama – nama kelompok yakni:Daun gatal, Saran semut,nona gendong anak, buah merah, dan di belakang biji. Sesuda di bagi perkelompok dan peberian nama  masing – masing kelompok para peserta mengikuti aturan yang di tetapkan korlap.
       Pada saat itu ada 5  gemes yang di uji yakni: mengumpulkan dan mengambil permen yang campur  tepung tapioka melalui mulut, melempar telur dari depan ke belakang kepada 6 enam orang anggota kelompok.dll
      Selanjutnya sekitar jam 22.00 WIB,
melanjutkan kegiatan games tersebut. Kelanjutan acara ini menguji apakah pemberian nama masing - masing kelompok   mengerti makna arti. Setiap kelompok maju kedepan untuk menceritakan makna daripada pemberian nama tersebut. Contoh Buah merah . fungsinya : mengandung betakarotin. Sayarat tumbuh. Empat kelompok pemberian nama mengarakan pada tanaman lokal Papua kecuali nona gendong anak.
       Acara selanjutnya api unggung bersama seluruh peserta. Komentar Api Unggung Wakil Ketua Yuliana Fatie mengatakan, api unggung sebagai tanda pemersatu antara kita. Ketika kehidupan yang semakin goyang antara kita generasi muda Papua, kita ditinggalkan dan kelakuan – kelakuan yang malas menggabungkan dengan diri dalam Ikatan Mahasiswa Papua. Kita generasi muda Papua bangkitkan  membangun kebersamaan kita  di tanah Bogor. (tuturnya).
      Dimeriakan lagu  hitam kulitku dan  kriting rambutnya Selama api unggun menyalah dan bakar-bakar jagung bersaman – sama seluruh peserta. Acara selanjutnya, penentuan juara kelompok. Setiap kelompok membawahkan drama menurut versi masing – masing pemberian nama. Dalam hal drama banyak ada yang menceritakan kehidupan tanaman sampai masa panen dan fungsi tanaman tersebut, di kolaborasikan dalam bentuk drama, kelompok lain penyembuhkan sakit melalui obat herbal , kelompok lain membawahkan drama dalam bentuk mahasiswa terpengaruh budaya modern dalam ranah minuman keras (Alkohol) karena tidak mencukupi biaya kuliah.
     Kelompok tim juri menilai hanya  kekompakan, kebersamaan selama kegiatan berlangsung.Ilustrasi bahwa Apakah mereka bisa membangun sebuah pondasi yang kuat di tengah pengaruh globalisme dan kapitalisme.
    Hasil terahkir keputusan tim juri memutuskan kelompok yang paling solid dalam  kekompakan mendapatkan nilai poin tertinggi. Kejuaraan ini di umumkan oleh Zet Thedy Tabuni sebagai sala - satu tim juri dalam perlombahan.  MAKRAB kali ini  Juara pertama, kedua dan ketiga  sea Games tahun 2012 sebagai berikut. Juara satu : Nona gendong anak,Juara dua : Sarang semut dan Juara tiga: Daun gatal.
Terimakasih kita ketemu sea games tahun berikut.

Oleh : Marinus G




Posting Komentar

 
Top