0

      IMAPA NEWS,( 15 Maret – 2012),Pemimpin Ikatan mahasiswa Papua (IMAPA) Bogor  dan  bagian humas PT.Freeport  Indonesia   rapat bersama di kantor pusat  PT.Freeport Indonesia Jakarta. Beberapa  pemimpin IMAPA Bogor  yang hadir dalam pertemuan tersebut, yakni Ketua IMAPA (Vincen Karowa), Wakil Ketua IMAPA (Yuliana Fatie), Sekretaris I IMAPA (Wempi Wakerkwa), Ketua Koordinator Bidang Seni dan Budaya (Kendi Eliaser Edowai), serta  Koordinator Bidang Komunikasi  Marinus Gobai, serta anggota bidang Komunikasi dan Imformatika bagian paguyuban Fak – Fak ( Saudari Saida Beti).
      Pertemuan berlangsung selama Tiga  jam berlangsung. Mulai dari pukul  09.00 –  12.00 WIB. Selama pertemuan berlangsung nyaman dan kidmat. Pertemuan tertutup ini diterima langsung oleh bapak Jhon Magal dan Ibu Joiner Kambuaya, kedua beliau memberikan nasehat terutama memotivasi mempersatukan gerakan  organisasi dengan spirit jiwa mudah menuju perubahan .dari ruang seminar PT.Preeport Indonesia di Kuningan -Jakarta. 
Tujuan pertemuan tersebut adalah penyampaian Program Kerja Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) Bogor  periode 2011 – 2013). Mengingat penyampaian surat ini, mengingat beberapa hal penting yaitu :
  •    Penyampaian laporan program kerja Ikatan Mahasiswa Papua Bogor (IMAPA) Bogor periode 2011 – 2013.
  •  PT. Freeport Indonesia (PT.FI) turut memberikan kontribusi (Donatur/ Sponsor) utama untuk mendukung dalam acara/ kegiatan atau program kerja setiap bidang yang akan diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Papua Bogor.
  • Jumlah mahasiswa asal tanah Papua sesuai pendataan dikota studi Bogor tiap tahun meningkat sehingga perlu ada dukungan dari semua pihak dalam rangka mendukung potensi pribadi mahasiswa untuk mencapai kesuksesan.
     Bagian Humas sejak tahun lalu  mengajak  pertemuan  dengan  pengurus IMAPA Bogor  tetapi, dengan berbagai hal terutama  Perayaan Natal
2011, Injil masuk di Tanah Papua bulan Februari 2012 dan  setiap koordinator bidang lambat mengumpulkan berkas program kerja.  Dalam pertemuan topik pembahsan yakni tiga penyampaian diatas. Tiga Poin adalah aspirasi dari seluruh mahasiswa Papua Bogor.
Dalam pertemuan Ibu Joiner Kambuaya, mengatakan kami bagian humas  menerima program kerja dengan baik . Semua program yang diprogramkan  oleh pengurus IMAPA Bogor  lebih mengarahkan EDUKASI. Contoh dalam program seni dan budaya Vestival Budaya Nusantara . Budaya merupakan salah – satu pemersatu dalam  plularisme yang ada di tanah Papua. Kita lebih mengenal bahasa daerah, kesenian dan tarian adat daerah. ( Tutur Kambuaya saat Rapat).
      Selanjutnya Bapak Jhon Magal, mengatakan pertemuaan ini menjadi momen penting bagi mahasiswa Papua Bogor dengan bagian Humas PT.Freeport Indonesia Jakarta , melalui program kerja kerja yang di ajukan dari badan pengurus IMAPA Bogor  semoga kita saling mempercayai diantara kita.  Setiap Program kerja yang di ajukan ini semoga kami menerima sebagai buku pegangan. Untuk setiap kali mengadakan kegiatan  pengajuan proposal  apaka benar kegiatan tersebut sesuai  program kerja IMAPA atau tidak menajdi tanggung jawab kita bersama. Mengapa karena banyak orang memanfaatkan sela – sela ini dan ketidakadilan dunia banyak terjadi.  (tuturnya sela Rapat).
     Lanjutannya, dari dulu perusahan  sulit mendukung kegiatan bermotif politik. Maka seluruh mahasiswa  Papua sejawa dan bali pada kesempatan yang ada ini lebih banyak belajar pendidikan non formal. Perusahan lebih mensponsori  kegiatan pendidikan pengembangan . Lebih membangun tertama kebersamaan kritis dan berjuang secara positif dalam mempersiapkan SDM Papua waktu yang akan datang.
     Lanjut Pak Jhon Magal, menyinggung tentang banyak pengadaan pengajuan proposal  dari paguyuban. Kami  bagian humas mulai sekarang  tidak menerima  propsal karena  bertolak belakang dengan  kegiatan IMAPA akhirnya  paguyuban berjalan sendiri  Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) berjalan sendiri. Alasannya,merupakan  banyak kalangan muda tidak membangun persatuan dan kesatuan patriotisme anak negeri Papua tanah rantau.
     Tanggapan ; Sekretaris I IMAPA Wempi Waker, mengatakan paguyuban tidak terlepas dari IMAPA. Melihat dari realitas, kini anak muda Papua membangun persatuan dan kesatuan adalah mulai dari paguyuban. Paguyuban adalah dasar pondasi sosial . Sebenrnya mulai membangun ikatan adalah dari  dalam diri sendiri, keluarga dan lingkungan besar seperti IMAPA. Menolak proposal dari paguyuban IMAPA Bogor tidak setuju.  Biarpun paguyuban melakukan kegiatan  dibawah payung IMAPA.  Lebih khusus IMAPA Bogor ada beberapa paguyuban daerah  seandainya paguyuban – paguyuban tersebut mengajukan proposal kegiatan di PT. Freeport  badan pengurus IMAPA Bogor, kami berikan rekomendasi  paguyuban tersebut supaya kegiatan pengajuan proposal tersah.Dalam diskusi pertemuan tanggapan tersebut di terima oleh pihak Bagian Humas PT.Freeport Indonesia  Jakarta.
     Setiap program kerja badan pengurus IMAPA di paparkan oleh ketua Ikatan (Vincen Karowa). Dari tuju bidang  yakni bidang Olahraga ,bidang Kewirausahaan, bidang Seni dan Budaya, bidang Kerohanian Islam,bidang Komunikasi dan Imformatika, bidang Pendidikan dan bidang kerohanian Kristen Katolik dan Protestan.
     Selanjutnya Sekretaris IMAPA I (Wempi Waker) menyerahkan program kerja dari Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA)  Bogor, tahun 2011 – 2013. Menerima program kerja Ibu Joiner Kambuaya. Hari ini PT.Freeport Indonesia sah sebagai sponsor  dalam kegiatan  yang diprogramkan dari bidang seksi   masing – masing IMAPA Bogor periode 2011 – 2013.
Oleh : Marinus Gobai

Posting Komentar

 
Top