1


Keuntungan menanam padi : Hasil dari padi mendapatkan beras untuk diolah menjadi nasi dan makan,mempunyai kandungan karbohidrat; Limbahnya : Jerami dijadikan pupuk organik,pakan ternak, dan atap rumah; sekam dijadikan media tanam, bahan bakar; waktu menanam singkat ( 2-3 bulan) panen,dll

Tantangan: Biaya besar, jika terserang hama penyakit secara outbreak , dan tidak ada daya dukung/ faktor lingkungan pendukung maka akan gagal panen..akhirnya impor dari negara lain!

Keuntungan menanam pohon Sagu : Panen patinya (sagu) bisa diolah dan menjadi berbagai bentuk makanan, karbohidrat tinggi malah lebih tinggi kandungannya dr pad,i daunnya menjadi atap rumah, tulang daunnya dijadikan sapu lidi, dijadikan mata panah, pelepah dijadikan dindingg rumah, atau bahan bakar, tulang (kulit yang keras) dijadikan lantai rumah atau dinding rumah, ampas sagu dijadikan media tanam jamur (konsumsi). 

Jarang terserang hama dan penyakit, kalau terserang hama, tidak sampai ambang kerugian ekonomi; tidak perlu pemeliharaan yang intensif. Tantangan: Suatu saat terjadi serangan hebat dari hama dan penyakit, butuh waktu panen yang lama, dll.
Jadi mau pilih yang mana: yang panen cepat atau panen lambat.  Sagu merupakan sosok untuk jadikan pangan alternatif untuk rakyat Papua.
 Oleh : Zakarias Pikindu

Posting Komentar

 
Top