0
     Oleh : Jack Zakarias Pikindu dan Marinus  Gobai Mahasiswa Pertanian asal Papua.
   Dunia lain kini berusaha untuk berusaha kembali ke dunia kehidupan alami. Berbagai teknologi membuat kehidupan manusia tidak setara muncullah berbagai efeck dalam kehidupan. Mengambil contoh perubahan tanah dan tanaman dalam teknologi mengakibatkan tanah menjadi tidak produktif lagi. Menilai bahwa kehidupan dunia pertanian organik lebih efisien untuk mempertahankan kesuburan tanah dan kesehatan tanah untuk generasi penerusnya.
       Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat demikian telah melembaga secara internasional yang mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus beratribut aman dikonsumsi (food safety attributes), kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen seperti ini menyebabkan permintaan produk pertanian organik dunia meningkat pesat.
     Dalam perspektif ekonomi, pertanian organik (PO) sesunggunya bisa menjawab persoalan ekonomi petani. PO melakukan efisiensi ongkos produksi dengan  menekan input luar (pupuk,benih,dan pestidia). Pupuk di buat sendiri dari limbah dan bahan organik yang tersedia di kebun atau lokasi sekitar. Benih di hasilkan sendiri oleh petani .Pestisida juga dibuat dari bahan nabati.
Pertanian organik dengan teknologi yang tepat guna dan rama lingkungan juga menjamin produktivitas usaha tani.Tanah yang subur dan lingkungan yang sehat membuat tanaman bisa memberikan hasil terbaiknya.
     Produksi pertanian organik juga memiliki peluang untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi. Makin tinggi kesadaran konsumen mengenai pangan dan kesehatan membuat permintaan produk pertanian organik makin meningkat . Petani sebaiknya memasarkan produk pertanian organik melalui jaringan pemasaran khusus seperti (menjual langsung ke kelompok konsumen, pasar tani,untuk mendapatkan harga yang baik dalam hal kepastian pasar.
        Humus tanah yang alami terdekomposisi dari pertanian non organik. Penting untuk mengembangkan pertanian organik untuk merubah merakit kehilangan pupuk alami dari dalam tanah. Unsur hara pupuk mikro dan pupuk makro kehilngan melalui pengembangan teknologi.
        Dalam hal kehilangan  pupuk alami pada kedelai seperti kalium. Pupuk kalium banyak terurai pada tanaman kedelai. Untuk mengatasi kekurangan kalium pada tanaman kedelai adalah kotoran sapi. Tanaman kedelei memerlukan ketersediaan kalium unsur K yang besar dalam tanah. Namun kalium dalam tanah mudah tercuci : hanyut terbawah air atau masuk kelapisan tanah lebih dalam sehingga tidak terserap akar tanaman.
     Pengendalian hama penyakit juga secara alami yakni pestisida nabati. kita harus bangun paradigma petani lokal kita agar mereka manfaatkan sumberdaya lokal yg berkelanjutan sehingga masyarakat tidak tergantung dengan produk luar. Banyak tanaman manfaatnya menjadikan pestisida sekaligus jadikan rempa - rempa alami daun siri. Daun siri adalah pestisida alami pada tanaman padi. Tumbuhan tanaman bawang merah bisa jadikan pestisida alami untuk mematikan dan menjauhkan hama dan penyakit pada tanaman.
     Pengaruh kesehatan teknologi pupuk non organik  membunuh manusia,tanaman dan lingkungannya. Pentingnya mahasiswa Papua pro pertanian pentingkan belajar pupuk organik dan pestisida organik untuk menyelamatkan ekonomi lokal, masyarakat sipil,ekologi rama lingkungan alami,mempertahankan kesuburan dan kesehatan tanahnya.

(
Sumber : dinding facebook grup IMAPA Bogor)

Posting Komentar

 
Top