0
IMAPA NEWS,Pada hari ini (16-Mei 2012) melaksanakan rapat pertemun general. Sesuai bunyi informasi SMS melalui HP rapat pertemuan seluruh anggota IMAPA untuk membahas beberapa kegiatan penting yang mendadak. Sala - satu kegiatan yang di bahas dalam rapat pertemuan tersebut yakni undangan partisipasi hari jadinya kota Bogor.
    Hari jadinya kota Bogor tepat jatunya tanggal 2 Juni mendatang. Komunitas pecinta kota Bogor dan Panitia penyelenggara mengundang  komunitas Papua yang ada di Bogor untuk mengambil bagiannya. Dari sekian banyak komunitas yang ada di Bogor,ulang tahun kali ini panitia penyelenggara  mengundang hanya  dua komunitas  saja. Kedua komunitas tersebut yakni komunitas Papua dan Komunitas Cina. Kehadiran kedua komunitas  di kota Bogor  memiliki beragam budaya.Titipan ungkapan keprihatinan budaya  disampaikan melalui ketua IMAPA mengatakan  kami bangga mengundang karena menghargai perbedaan budaya, ras, suku, dan pulau yang mendiami di tanah sunda.(Tutur ketua Pecinta kota Bogor).
    Dalam ulang tahun  ini kali ini panitia mempercayakan IMAPA untuk membawahkan tarian adat Papua untuk meramaikan hari ulang tahun tersebut. Dalam pertemuan tadi belum memutuskan dan menyepakatkan keputusan yang sebenarnya karena berhubung dengan berbagai hal. Dua poin penting dalam rapat memutuskan yakni: Mencari siapa pelatih tarian adat dalam undangan kali ini dan cara teknik pakaian adat di bawahkan nanti. Ide - ide yang di paparkan dalam pertemuan tersebut juga untuk membawahkan tarian yakni dua tarian adat Papua. Tarian adat gunung Papua dan tarian pesisir Papua. Pembagian tugas tarian adat gunung di percayakan kepada wilayah BS dan tarian pesisir di percayakan kepada wilayah Deramaga. Sementara untuk melati kedua tarian adat belum ada pelatihnya.Keputusan dalam pertemuan memutuskan penanggung jawab untuk mencari pelatih untuk melatih sekelompok penarinya.
    Sebelum hari H,atau sebelum hari pelaksanaan kegiatan badan pengurus IMAPA bagian seksi bidan seni dan budaya  membutuhkan tenaga pelatih tarian adat. Sementara pelatih tarian adat lama berhalangan maka sementara ada di luar kota study. Dengan demikian kami membutuhkan pelatih untuk menyukseskan undangan kegitaan tersebut. Ini adalah harga diri kami. Kami ada disini, nama baik bagi komunitas, kota studi yang kami banggakan, maka kami berterimakasi semuanya karena  membahagiakan,semangat kebersamaan dalam kehidupan beragam etnitas pluralisme Cultural ini.  (kata Koordinator Seni dan Budaya IMAPA).
   Mari sama -sama untuk mensukseskan kegiatan kepercayaan yang diberikan kepada komunitas IMAPA.Kepercayaan ini  merukapan sala -satu contoh melestarikan dan membangkitkan budaya pulau paling timur melalui kegiatan ulang tahun di kalangan anak muda Papua di tanah sunda.Melihat era globalisasi kehilangan budaya negeri Pulau timur Papua dari desakan politik sosial, ekonomi, sosila politik dikalangan anak mudah Papua. Spirit bangkitkan  patriotisme gerakan dan mempertahankan budayaku dan budayamu leluhur kami dari  tanah sunda ini.(oleh : Gobai)

Posting Komentar

 
Top