0


Paguyuban News,   Ikatan Pelajar dan Mahasiswa  Kabupaten Puncak Jaya, Puncak Papua, Lani  Jaya dan Nduga  (IPMK-PPLN) Kordinator wilayah Bogor menggelar acara malam keakraban disingkat malam  MAKRAB ,Malam keakraban pada tahun ini di laksanakan di Villa Gunturia  Megamendung, Puncak Bogor,(12-13 /12/2012).

Para  panitia difasilitasi oleh senioritas  (IPMK-PPLND) pada Malam  keakraban mengambil thema “ Membangun  Sumber Daya Manusia yang Berintelektual  yang Siap Bersaing Di Eraglobalisasi”.   

Terlihat  dalam spanduk  tertuliskan angkatan V. Angkatan  V yang dimaksudkan adalah setelah  terbentuk  Ikatan (IPMK-PPLND) berjalan  tahun yang ke lima  penyambutan  mahasiswa baru.  Anggota baru    yang tergabung dalam  ikatan pelajar Mahasiswa Puncak Jaya, Puncak Papua, Lani Jaya dan Nduga (IPMK-PPLD)  15 orang .   Lima belas orang termasuk laki – laki dan perempuan  yang berasal dari  Papua. 

Dalam foto documenter  anggota baru , para peserta  dari berbagai daerah papua.  Ada  peserta yang tergabung dari mahasiswa asal Sorong dan daerah  Papua lainya. Ikatan ini pun tidak membeda – bedakan suku, daerah , maupun marga.  Kita adalah satu bangsa yakni bangsa malanesia Papua.  Menandakan bahwa tanda kebersamaan persatuan dan kesatuan antar generasi muda Papua.

Kegiatan MAKRAB  ini pula mengisi dengan berbagai kegiatan  terutama  senam pagi, maupun mengisi beberapa materi  pengembangan intelektual atau Sumber Daya Manusia sebagai pendukung acaranya. Beberapa materi  di sampaikan  yakni Metode Komunikasi, Jurnalis, Life Skill, Pengenalan organisasi, Profil  IPMK-PPLND, dan Sejarah Peradaban papua.

Sekilas Pemaparan Materi
Metode komunikasi organisasi adalah korelasi antara ilmu komunikasi dengan organisasi yang terfokus pada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi yang berfokus pada teknik, media, proses dan faktor-faktor yang menjadi penghambat proses komunikasi organisasi.  (Oleh : Zakeus Rumpedai)
******************
Wartawan atau jurnalistik adalah seorang yang melakukan journalism yaitu orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur . Laporan ini lalu dapat dipublikasikan dalam media massa,seperti Koran,televise,radio,majalah,film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya;dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang  paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.
Judul materi yang dipaparkan yakni “dibalik Kepentingan menulis”.(Oleh : Jefri S)
***************************************
Pengenalan Organisasi : Organisasi menurut saya adalah sebuah wadah untuk berpendapat meremukkan maslah untuk mencapai sebuah tujuan bersama yang berpedoam pada AD/ART. Tetapi jika dilihat dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Organisasi adalah suatu perkumpulan beberapa orang yang mempunyai tujuan dan visi yang sama, memiliki anggran dasar dan aturan-aturan yang mengikat anggota. Sebagai seorang mahasiswa yang bernotaben adalah kaum intelektual berpendapat tentang makna organisasi harus bereferensikan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena memiliki sebuah tujuan yang sama yang dirumuskan menjadi sebuah visi dan misi , serta memiliki ideology yang sama. Apa sih ideology. Secara harfiah, ideologi berarti ilmu pengertian-pengertiandasar. Dalam pengertian sehari-hari idea berarti cita-cita. Cita-cita yang dimaksudadalah cita-cita yang bersifat tetap dam harus dicapai sehingga cita-cita itu sekaligusmerupakan dasar, pandangan, atau paham. Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan, dan cita-cita. Kita kembali lagi kepada organisasi.
(Oleh : Simon Degei)
***********************************
Lie Skill : Pulau Papua penuh dengan Kekayaan maka pentingnya pengembangan sumber daya manusia SDM supaya dengan kemampuan dan ketrampilan mantap membangun kembali hasil sumber daya manusia yang ada di bumi Papua itu sendiri, Untuk menghadapi berbagai tantangan pada saat ini, Remaja perlu dibantu dan difasilitasi dengan berbagai keterampilan. Keterampilan tersebut diantaranya Keterampilan Hidup (Life Skills).  (Oleh : Bungailien Sidabutar,SH)
**********************************************
Peradaban sejarah Papua :  Memaparkan tentang sejarah  Injil masuk di tanah Papua, Profil nama sejarah Irian Jaya menjadi Papua, Peradaban kehidupan social budaya.  (Oleh : Zeth Tabuni) 
****************
Profil  Ikatan : Pemaparan Logo, Pengenalan tentang sturuktur badan pengurus ikatan,  menjelaskan program kerja badan pengurus, memperkenalka. (Oleh : Naginus T)

Author : Gobai


Posting Komentar

 
Top