0
      Selamat  merayakan Hari raya imlek bagi saudara Anggota Imapa Bogor yang merayakan.
Hidup damai dalam kebaragaman adalah cermin budaya bangsa. Hari ini seluruh beragamam suku bangsa indonesia yang ada di tanah Bogor merayakan tahun baru imlek 2563 dalam bentuk tarian adat setempat.       Berbagai komunitas tarian adat yang rayakan disana tarian adat Papua juga sala- satu  diantaranya.
      Tempat pelaksanakan acara di Robinson Pasar Kota Bogor. Tempat acara penuh dengan manusia. Situasinya ramai. Peserta penonton tidak saja orang Indonesia saja tetapi orang asing juga banyak yang ikut ambil fotografer. Situasi menjadi tambah ramei dan ria dari berbagai cutural ada disana disana.

       Berbagai kultural yang tampilkan kurang lebih 30 an . Berbagai macam tarian adat teruitama : tarin adat Tanaman adat, bongsai,masyarakat cinta bogor ( gong xi Fa Call), Budaya Panen Hasil Tanaman, dari komunitas Papua " Yospan dan tarian dari wasior kombinasi Puncak Papua" dll.

      Pengesahan tarian tersebut di sahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmat Heryawan. Ketika Pidato sambutan gubernur Jawa barat  mangatakan " saudara keluarga Papua yang ada di daerah Sundah Adalah saudarahku. Biarpun perbedaan ras, suku, etnis. Kami adalah satu. Kita menjaga tanah sunda ini menjadi tanah damai, aman, tenteram diantara kita. Menghargai budaya dari Papua. "Tutur Gubernur jawa Barat"
     Dua buah tarian adat Papua yang dibawahkan oleh keluarga komunitas Papua Bogor  menjadi tarian yang suda saah ada di Bogor dari hari ini. Peserta tarian yang ikut disana adalah sekitar 15 orang. Kegiatan dimulai dari jam 10.00 WIB sampai selesai.
Komunitas Mahasiswa Papua
        Hidup beragam budaya damai ketika masalah yang lain damai. Hidup sulit. Hidup bersama lebih sulit lagi. satu kali sala langkah, ataupun salah ucap, seluruh kelompok dapat risau atau mara.
     Seorang Warga dapat selalu membawah luka - luka di hati akibat dari " kekejaman komunitas" ataupun masyarakat setempat. Namun komunitas yang sehat juga sahabat sejati: ia menyembuhkan luka -luka. Lebih dari itu kami menolong dan memberi kepada warga - warganya daya dan gaya gaira hidup.
      Kata J.Ghenenno : persahabatan membuat hidup kuat dan erat mesra .Oleh karena tetangga, perbedaan suku menjadi sahabat, terbuka pintu - pintu bagi pintu hati kita.
    Walaupun posisinya ikatan mahasswa Papua pemerintah kota setempat di pandang komunitas maka jadikanlah persahabatan yang terbuka untuk semua bukan yang tertutup adlah nafas kehidupan komunitas.Tanpa itu, komunitas menjadi kelompok liar dan kejam.
    Bernafaslah persahabatn komunitas mumbuktikan diri sebagai ruang hidup, dimana warga merasa diri krasan seperti ikan dalam air.Dalam persahabatan, kata mempunyai peranan yang mencipta hubungan.
Kata berfungsi untuk menciptakan hubungan. Kata adalah sesuatu yang komunikatif;dan sesuatu yang komunikatif membentuk komunitas. Tiada komunitas lahir kecuali dari hal - hal yang bersifat komunikatif.Nilai dan kelestarian komunitas tergantung dari kemampuan dan daya komunkasi antar warga.Baik bicara maupun diam, kedua- duanya dapat menajdi komunikasih kasihh. Silensium ada untuk manusia dan bukan manusia untu silensium.
 " oleh Marinus Gobai"
 

Posting Komentar

 
Top